Friday, July 15, 2005

10 Hal Penting Kesehatan Balita

10 Hal Penting Kesehatan Balita

Sepuluh Masalah Penting Yang Perlu Diperhatikan Mengenai Kesehatan Seorang Anak Balita

1 Untuk tumbuh kembang yang optimal seorang anak mempunyai kebutuhan dasar untuk pertumbuhan fisik ,perkembangan mental, dan emosional.

2 Pada bulan-bulan pertama dari kehidupan seorang bayi, Air Susu Ibu
(ASI) merupakan satu-satunya makanan dan minuman yang terbaik untuk bayi.Pada waktu berumur 4-6 bulan , bayi mulai membutuhkan makanan tambahan selain ASI.

3 Anak yang berumur dibawah 3 tahun membutuhkan makanan khusus. Mereka membutuhkan makanan 5-6 kali dan makanan perlu diperkaya dengan menambahkan sayur dan sejumlah kecil lemak atau minyak.

4 Diare dapat membunuh anak dengan keluarnya terlalu banyak cairan dari dalam tubuhnya (DEHIDRASI). Oleh karena itu setiap kali mengalami kehilangan cairan bersama dengan berak yang cair, harus diganti dengan memberikan sejumlah cairan tepat. Bila diare berlangsung lebih berat dari biasanya anak memerlukan pertolongan medis dari petugas kesehatan dan memerlukan cairan rehidrasi yang khusus untuk diminum . Seorang yang anak sedang menderita diare juga membutuhkan makanan untuk mempercepat pertumbuhanya.

5 Umumnya batuk dan pilek akan membaik dengan sendirinya. Akan tetapi bila anak yang batuk bernafas lebih cepat dari biasanya kemudian sesak dan kelihatan sangat sakit, sebaiknya segera dibawa ke Puskesmas, Dokter atau Rumah Sakit untuk mendapatkan pertolongan medis segera. Anak yang sedang batuk dan pilek memerlukan bantuan untuk mendapat cukup makanan dan minuman.

6 Imunisasi dapat mencegah serangan beberapa jenis penyakit yang dapat mengakibatkan pertumbuhan anak yang terganggu, kelemahan tubuh dan kematian. Imunisasi Dasar harus lengakap pad tahun pertama kehidupa seorang anak dan setiap wanita pada masa mampu hamil harus mendapatkan imunisasi Tetanus.

7 Kejang merupakan kelainan syaraf akut yang sering dijumpai pada seorang anak.

8 Keracunan merupakan suatu keadaan gawat darurat medis yang membutuhkan tindakan segera. Keterlambatan dalam memberikan pertolongan dapat membawa akibat yang fatal. Keracunan pada anak Balita umumnya disebabkan oleh karena tidak sengaja tertelan bahan-bahan produk rumah tangga, makanan dan obat-obaatn.

9 Kesehatan gigi dan mulut harus diperhatikan sejak usia dini. Pola makan yang baik didukung kebersihan mulut yang memadai dan kunjungan ke dokter gigi secara teratur sejak tumbuhnya gigi pertama akan sangat membantu. Makanan ibu hamil yang seimbang akan sangat penting untuk pertumbuhan gigi anak dikemudian hari.

10 Kecelakaan yang tidak disengaja dapat terjadi pada pengasuhan anak. Ketelitian dan kecermatan dalam mempersiapkan alat-alat yang dipakai dalam mengasuh anak dapat menghindarkan terjadinya cidera dan kecelakaan pada anak.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home