Thursday, October 14, 2004

SPINA BIFIDA...apakah itu? (artikel)

SPINA BIFIDA...apakah itu?

Spina Bifida adalah suatu kelainan yang terjadi pada perkembangan tulang belakang.Hal ini terjadi 24-26 hari usia kehamilan

Dengan Spina Bifida...apa yang sebenarnya terjadi?

Pada umumnya,serabut-serabut saraf(spinal cord) yang berada didalam ruas-ruas tulang belakang tertutup sempurna oleh tulang belakang tersebut. Sedangkan pada spina bifida hal tersebut tidak terjadi.Sehingga serabut-serabut saraf tersebut tumbuh secara tidak normal atau menjadi rusak.Sebagai konsekuensinya,perintah-perintah dari otak untuk melakukan gerakan-gerakan seperti untuk tangan atau kaki menjadi terganggu.Sering terjadi pula anak-anak dengan spina bifida mengalami gangguan pada perabaannya.

Spina Bifida.....penyebab dan pencegahannya

Penelitian yang telah dilakukan ,menyatakan bahwa kekurangan Folic Acid dan vitamin B12 merupakan salah satu penyebab terjadinya Spina Bifida.Folic acid dipercaya berperan dalam pembentukan tulang belakang yang sempurna. Ada pendapat lain juga yang menyatakan bahwa faktor genetik juga berperan disini.

Yang utama untuk diingat adalah setiap orang tua yang memiliki putra/putri dengan spina bifida bukan pihak yang harus dipersalahkan.Spina Bifida...bukan salah siapa-siapa!

Untuk pencegahannya dapat dilakukan seperti:

-menambahkan folic acid dan vitamin B12 dalam asupan makanan bagi ibu-ibu hamil.Folic acid bisa diperoleh melalui sayuran berwarna hijau.Mengkonsumsi folic acid sangat penting dilakukan sebelum dan selama kehamilan.

-tidak mengkonsumsi alkohol selama kehamilan

-mengkonsumsi makan yang sehat sebelum dan selama kehamilan



Bahan dari berbagai sember.

1 Comments:

At 10:32 PM, Anonymous Anonymous said...

Saya wanita 26tahun,beberapa minggu lalu saya divonis menderita spina bifida oleh 2 dokter tulang di rs berbeda,,apakah spina bifida itu bs disembuhkan dalam usia saya skrg ? Apakah tanpa operasi ada jalan lain ? Bunga

 

Post a Comment

<< Home