Friday, October 15, 2004

Hal yang perlu dilakukan saat hamil (artikel)


Anda dinyatakan positif hamil? Selamat ya, apalagi kalau si buah hati memang sudah lama dinantikan kehadirannya. Agar calon bayi nantinya lahir dengan selamat, sudah seharusnya Anda merawat kehamilan dengan sebaik-baiknya. Lantas, bagaimana caranya?

Kehamilan dibagi dalam tiga masa penting, disebut trimester (tiga bulan) pertama, kedua dan ketiga. Trimester pertama berlangsung 0-12 minggu, kedua antara 12-28 minggu dan ketiga 28-40 minggu. Lama kehamilan secara total sekitar 280 hari atau 40 minggu, atau biar gampang mengingatnya 9 bulan 10 hari.



a Apa yang harus dilakukan pada kehamilan trimester pertama? Anda perlu lakukan pemeriksaan dini USG (ultrasonografi) untuk melihat apakah kehamilan Anda aman untuk diteruskan. Mengapa? Karena bias saja terjadi kehamilan di luar kandungan yang sangat berbahaya. Calon ibu yang mempunyai risiko kehamilan tinggi, misalnya berusia diatas 35 tahun atau punya riwayat penyakit diabetes, juga dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan anatomi janin. Apa sih perlunya? Tak lain untuk melihat kemungkinan adanya kelainan anatomi pada janin atau kelainan genetik seperti Down Syndrome.


a Bagaimana untuk trimester kedua? Calon ibu harus melakukan pemeriksaan untuk melihat pertambahan berat badan, tekanan darah serta kadar gula darah. Juga perlu dilakukan pemeriksaan darah rutin, cairan lendir rahim dan urin (untuk mendeteksi adanya infeksi saluran kemih). Pada fase ini Anda cukup melakukan satu kali pemeriksaan USG untuk melihat apakah struktur janin telah terbentuk sempurna.


a Ada apa dengan trimester ketiga? Anda mesti lakukan pemeriksaan untuk melihat pertambahan berat badan janin, yakni dengan memeriksa diamater kepala, panjang tulang paha serta lingkar perut bayi. Angka-angka tersebut akan dikorelasikan untuk menentukan berat badan bayi saat itu. Apa lagi yang harus dicermati?Tentu pertambahan berat badan calon ibu. Selama kehamilan, sebaiknya mendapatkan pertambahan berat minimal 12,5 kg.
Jumlah ini mencakup berat badan bayi sekitar 3,4 kg, plasenta 650 gram, air ketuban 800 gram, pembesaran rahim hingga 1 kg atau lebih, pembesaran payudara 400 gram, darah 1,25 kg, volume cairan luar sel 1,7 kg serta jaringan lemak 3,5 kg.

Nah, sudahkah Anda merawat kehamilan dengan baik sejauh ini?


0 Comments:

Post a Comment

<< Home