Friday, October 15, 2004

Saya Hamil Tidak, Ya? (artikel)

Saya Hamil Tidak, Ya?
Kita, kaum wanita, kadang tak mengerti apa yang tengah terjadi dengan tubuh sendiri. Ada juga sih yang bisa menyadari kalau dirinya hamil hanya dalam lima hari pertama kehamilannya. Tapi tak jarang lho, ada yang baru tahu kalau dirinya hamil setelah masuk minggu ke 12 alias tiga bulan!
Namun mereka tak bisa disalahkan begitu saja. Mungkin saja jenis wanita yang seperti ini kemungkinan kurang sensitif dengan perubahan yang terjadi pada tubuhnya. Bila Anda tidak ingin menjadi wanita seperti itu, berikut ini ada sejumlah pertanda awal kehamilan. Mau tahu?



u Haid tidak datang
Jika tamu bulanan tidak kunjung datang, sudah hampir pasti jika Anda hamil. Apalagi jika biasanya si 'tamu bulanan' ini selalu datang tepat waktu. Namun tidak mendapat haid tidak selalu sebagai pertanda kehamilan, bisa saja karena stres atau faktor lain yang menyebabkan menstruasi tidak teratur


v Sering ke kamar kecil
Bahkan sebelum kehilangan menstruasi, wanita yang hamil sudah menunjukkan perilaku lebih sering ke kamar mandi untuk buang air kecil. Sampai-sampai harus bangun di malam hari hanya untuk pipis. Hal ini terjadi setelah embrio menempel di uterus (rahim) dan mulai memproduksi hormon kehamilan yang lazim disebut human chorionic gonadotropin (hCG). Hormon inilah yang memicu terjadinya buang air seni yang lebih sering.


w Kelelahan
Kelelahan merupakan imbas dari tingginya hormon progesteron selama kehamilan. Tak heran jika wanita hamil sering mengeluh mudah capai dan tak bertenaga


x Morning sickness
Tak hanya pening di pagi hari, sebagian wanita hamil ada juga yang mengalami pusing dan mual-mual pada siang dan sore hari. Perasaan mual tak hanya terbatas pada pagi hari saja. Sebagian besar wanita hamil yang mengalami pusing dan mual di pagi hari, sepanjang siang hingga sore biasanya juga mengalaminya. Separuhnya bahkan sampai muntah-muntah, namun hanya sedikit yang sampai dehidrasi atau kekurangan gizi akibat mual dan muntah di pagi hari itu.



y Payudara nyeri dan bengkak
Jika Anda hamil, payudara kemungkinan akan lebih sensitif saat disentuh, agak membengkak, sama seperti menjelang haid. Dengan kata lain, tubuh sudah menyiapkan cairan susu bagi janin yang nantinya akan lahir ke dunia.



Selain itu, untuk memastikan benar tidaknya Anda hamil, gunakan cara praktis dengan alat tes kehamilan yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Tingkat akurasinya hampir 100% kok. Setelah itu, jangan lupa kunjungi dokter kandungan, ya...

0 Comments:

Post a Comment

<< Home